Blog#COTDInstagram: Kami Sekarang Bukan...

Instagram: Kami Sekarang Bukan Aplikasi Photo-sharing

Siapa yang ngga kenal sama Instagram? Aplikasi yang sering digunakan oleh semua kalangan dari anak-anak hingga orang dewasa ini mulai populer sejak 2013 di Indonesia karena kemampuannya untuk membagikan momen-momen berharga tiap orang maupun komunitas di dalamnya.

Instagram sedari dulu dikenal sebagai platform berbagi foto dan gambar, baik untuk keperluan pekerjaan, hobi, maupun kesenangan saja. Namun, nampaknya kebiasaan tersebut akan berubah.

Pada Kamis (1/7) lalu Bos Instagram, Adam Mosseri memposting sebuah video yang menjelaskan bahwa Instagram sekarang ini beralih menjadi platform video-sharing. Perubahan tersebut dilakukan untuk menciptakan pengalaman baru bagi penggunanya.


Tangkapan layar video Adam Mosseri: https://www.instagram.com/p/CQwNfFBJr5A/

“Orang-orang masih berminat untuk melihat Instagram sebagai platform yang menghibur, tentunya ada beberapa persaingan sebagai platform dan hal-hal lain tentunya mengharuskan kami untuk berubah,” terang Mosseri melalui postingannya di Instagram.

Perubahan ini disambut dengan cukup kontroversi, beberapa pengguna memuji tindakan tersebut sebagai sebuah kebaruan bagi komunitas Instagram untuk berkembang dan beradaptasi dengan kebutuhan audiens. Bagi pengguna lain, pembaruan ini justru menjadi bukti Instagram kehabisan ide untuk mengembangkan platformnya yang sering digunakan untuk photo-sharing.

Ke depannya, Instagram akan berfokus secara utama pada empat area yakni kreator, video, shopping, dan messaging sebagai respon terhadap komunitas yang semakin berkembang dan membutuhkan pembaruan di dalamnya.

Fitur-fitur seperti Reels dan Instagram Music yang meluncur di akhir Bulan Juni lalu di Indonesia menjadi salah satu bukti komitmen Instagram untuk berkembang dan mendengarkan komunitasnya. Bahkan beberapa fitur juga sedang diuji coba seperti rekomendasi dan topik untuk pembaruan beberapa bulan ke depan.

Ditulis oleh: Titan Samudra
Disunting oleh: Shafa Kamila

Referensi:
https://kumparan.com/kumparantech/berubah-instagram-bukan-lagi-aplikasi-sharing-foto-1w3YVeAliSq/full
https://www.searchenginejournal.com/instagram-were-no-longer-a-photo-sharing-app/412194/

Shopping Basket